Friday, August 03, 2012

Rempongnya Pesen Tiket KA Online!

Lebaran sebentar lagi. "Tiket" cuti udah di tangan. Nggak kek biasanya yang nggak bisa cuti lama-lama, kali ini dapetnya 10 hari! Waw, menakjubkan ya. Padaal cutinya cuma 4 hari, tapi ditambah libur nasional dan libur ini-itu sih. Asiiik.

Berbeda ama tahun-tahun lalu juga, kali ini aku sante banget soal tiket. Sante campur pesimistis sebenernya. Dulu, di Bandung, meski harus ngantre tiket kereta di stasiun, aku selalu dapet. Maklum, antrean di Bandung nggak separah di Jakarta yang sampe dibela-belain nginep semalem suntuk. Seolah-olah semua orang tumplek blek di kota ini.

Tahun lalu, aku pertama kali mudik lebaran dari Jakarta. Karena nggak tau strategi ngantre tiket kereta di Ibu Kota nan penuh dinamika ini, aku dan sahabatku memilih naek pesawat. Pokoknya yang ada di pikiran kami, kami harus pulang. Lagipula, tinggal di kontrakan waktu itu membuat kami menghemat beberapa pos pengeluaran, misalnya uang makan dan uang jajan. Jadi, nggak terlalu tekor lah.

Sekarang ini, tiket kereta api bisa didapat tiga bulan sebelum keberangkatan. Dan aku baru tahu setelah berita tiket ludes muncul di mana-mana. Yaaa, telat deh (padaal katanya kerja di media). Liat-liat tiket pesawat di sini, sini, dan sini, udah mahal-mahal semua. Naek bus? Waduh, nggak nahan kena macetnya. Bisa-bisa stresnya nggak ilang-ilang ampe cuti selese. Bayanginnya aja dah pening. **Salut deh ama pemudik-pemudik yang nyetir sendiri, naek bus, bahkan bela-belain naek motor!

Jadilah tiap hari selama beberapa minggu ini aku selalu mantengin website maskapai penerbangan. Berharap ada tiket promo murah. Tapi harapan tinggal harapan. Harga tiket ya segitu-gitu aja, nangkring di batas atas. Setelah mikir panjang, aku memutuskan pulang naek pesawat aja. Nggak apa-apa mahal, yang penting cepet nyampe rumah. Di rumah lebih lama tentu jadi prioritas utama, apalagi setelah Bapak tinggal sendiri.

Sore ini, di kantor, aku lagi-lagi mantengin website maskapai penerbangan ini. Tiket masih ada dan harganya masih sama. Ya sudahlah, siap-siap mengeluarkan budget ekstra "hanya" untuk tiket PP. Tapi belum juga bertransaksi. Aku tinggal jalan-jalan dulu, eh pas lewat meja tetangga, dia lagi buka website PT KAI. Kata dia, sekarang bisa pesen tiket kereta online lewat internet. Trus dia coba-coba booking. Tiket masih ada, tapi pemesanan nggak bisa diproses.

Aku mulai tergoda untuk mudik naek kereta, soalnya diitung-itung lumayan juga duit yang bisa dihemat. Tanpa buang-buang waktu, aku pesen lewat telpon call center 121 (kalo dari hape, pake kode wilayah dulu di depannya). Yes, masih kebagian tiket PP. Dapet tempat duduk deket jendela pula. Yipiii. Tinggal bayar lewat ATM Mandiri.

Biar praktis, pake Mandiri e-Banking aja. Eh, nggak bisa-bisa mulu. Dibilang link-nya lagi down. Nyoba beberapa kali begitu terus. Pake akun temen, nggak bisa juga. Ya wes, terpaksa joging nyari ATM Mandiri terdekat. Lumayan, cukup membakar kalori sehabis buka puasa.

Ternyata tetep belum beruntung. Transaksi nggak bisa diproses. Pindah ke ATM di minimarket, masi nggak bisa juga. Aihhh, padaal dah jalan lumayan jauh. Jadi, balik ke kantor lagi. *Yaiyalah, jam kerja gituloh, jadi ya mesti balik*

Nggak mau pesenanku hangus, aku telpon ke call center PT KAI lagi, bilang kalau ada masalah pas mo bayar. Mas call centernya dengan sante ngomong, Bank Mandiri lagi ada trouble, pake BNI aja. Yaelaaaa, dari tadi kek bilang kalau bayarnya bisa di BNI. Kan nggak perlu joging jauh-jauh, di kantor juga ada kalau ATM BNI mah.

Oke deh, cepet-cepet ke ATM BNI. Prosesnya cepet dan lancar. Waaah, legaaaa. Tiket mudik PP udah di tangan, meskipun penuh dengan kerempongan di sana-sini. Yippiii... Horeee. Alhamdulillah.

Buat temen-temen yang mudik lebaran juga, naek apa pun, semoga mudiknya menyenangkan yaaa :)) Buat PT KAI, sistem online-nya dibenerin dooong, biar kita-kita pesen tiketnya cepet nggak pakai repot. Okaaayy...

3 Comments:

Blogger Omah PatPit said...

terima kasih sudah menggunakan jasa kereta api :D

8:04 AM  
Blogger Omah PatPit said...

terima kasih sudah menggunakan jasa kereta api :D

8:05 AM  
Blogger Nanik said...

indah: mari berkereta api lagiiii :)

12:59 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home