Wednesday, August 08, 2012

Puasa Kilat ala Pekerja "Kalong"

"Berarti kamu cuma puasa empat jam dong? Jam 2 siang sampe jam 6 doang? Kalow kek gitu aku juga bisa." Begitu kata temenku, seorang Katolik, dengan bawelnya, saat tau "jadwal" baruku selama puasa.

Selama bulan puasa ini jadwalku emang berubah total. Sebagai pekerja malam yang bekerja dari jam 4 sore sampai jam 11 malam, rata-rata aku baru pulang jam setengah 12. Sampai kos nggak bisa langsung tidur. Kadang jam 2 ngantuk tapi takut tidur, soalnya tar pasti kelewat sahur. Kalau mau sahur jam 1 trus tidur, misalnya, enggak asik juga. Masak abis makan langsung tidur. Nggak bagus buat tubuh.

Jadi mau nggak mau ya begadang sampe subuh. Trus ngapain aja sampe waktu sahur? Pulang kantor, aku usahakan langsung shalat isya dan tarawih. Kadang shalat isya, trus istirahat rebah-rebahan dulu, baru lanjut tarawih. Kadang-kadang disambung ngaji, kalau matanya masih kuat buat baca. Kalau nggak, ya ngajinya abis subuh atau dzuhur. Tapi tetep diusahakan meski nggak banyak-banyak, apalagi sampe 1 juz per hari (padahal dulu bisa loh).

Aku sahur jam 3-an sambil nonton sinetron Para Pencari Tuhan. Sinetron inilah yang sukses bikin aku ngebongkar kardus tiviku yang berbulan-bulan teronggok di sudut kamar (dan bukan Masterchef Indonesia dengan Chef Juna-nya yang sekarang bengisnya lebay banget). Meski udah jilid 6, sinetron ini masi tetep kereeen. Salut ama orang-orang di balik layarnya. Acara sahurku (meski sendiri) jadi rame dengan kehadiran Bang Jack dan kawan-kawan. Eh, kok jadi ngomongin sinetron sih?


Balik ke jadwal selama puasa deh. Abis shalat subuh, baru aku tidur. Berdasarkan pengalaman selama lebih dari separuh bulan puasa ini, aku biasanya bangun antara jam 10 dan jam 2 siang. Tapi paling sering sih jam 12 ke atas.

Keuntungannya, aku nggak pernah ngrasain laper. Apalagi kalau bangunnya jam 2. Udah nggak sempet banget karena aku harus cepet-cepet shalat dzuhur, mandi, dan siap-siap ke kantor. Sampai kantor, browsing-browsing, ngobrol, chatting, atau dengerin radio (karena belum ada kerjaan), tau-tau udah azan maghrib.

Nggak enaknya, aktivitas yang biasa dilakukan siang hari jadi terbengkalai. Nyuci, misalnya. Aku agak ribet untuk urusan cucian. Baju-baju warna putih harus dicuci terpisah, baju-baju warna terang selain putih sendiri, jeans sendiri, kerudung sendiri, batik sendiri, dan seterusnya. Jadi lebih puas kalo ngerjain sendiri. Ke laundry kadang-kadang aja, untuk baju-baju yang nggak perlu perlakuan khusus.

Nah, dengan jam bangun tidur yang sedikit ngaco ini, kegiatan mencuci sedikit banyak terhambat. Pernah cucianku menggunung gara-gara aku bangun kesiangan terus. Tapi belakangan ini aku bisa bangun lebih pagi demi bisa mencuci dengan tenang dan tentram :)

Aku emang udah lebih dari 5 tahun jadi pekerja "kalong", tapi rasanya nggak pernah separah ini deh jadwalku selama puasa. Rasanya hidup hanya berkutat di kantor aja. Sampe tengah malem di kantor, eh begitu bangun-bangun udah harus ngantor lagi. Dulu di Bandung aku masih bisa ngrasain tidur malam saat puasa. Tidur siang cuma sebagai tambahan aja. Masih ngrasain jam-jam lapar di jam 10 atau 11 siang. Masih ngrasain nunggu-nunggu buka puasa karena berasa masih lama. Dan lain-lain.

Tapi, ya emang kenyataannya sekarang lain. Aku sih berusaha menikmati aja. Meski abnormal dibandingkan orang-orang pada umumnya, aku sebisa mungkin mencoba seimbang. Tidur cukup, nggak ninggalin shalat dan ngaji, tetep sahur dan buka puasa pada waktunya :p Mo kilat atau reguler, atau bahkan yang nggak buka-buka (kek yang di belahan bumi Eropa sana), semoga puasa kita sama-sama mendatangkan berkah dan pahala, ya. Aamiin.


2 Comments:

Blogger Omah PatPit said...

jadi gak bakalan nongkrongin chef juna lagi?

3:24 AM  
Blogger Nanik said...

kalaw sekarang, udah bisa tuh absen nonton masterchef.kalau nonton pun dah nggak yang heboh gitu liat chef juna.pesonanya dah mulai luntur :))

8:45 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home